Cerita Sejarah Nabi Yusuf As | Yusuf Dipenjara




Memang tak ada jalan lain bagi. Kitfir. Yusuf harus dipenjara. Jika tidak, Zulaiha akan terus tergoda dan siapa tahu lama-lama Yusuf tidak mampu mempertahankan kesuciannya? Berangkat dari pemikiran inilah Kitfir menjebloskan Yusuf ke dalam jeruji besi.

Di dalam penjara ada dua orang pelayan raja. Yang pertama bernama Nabo kepala bagian minuman. Kedua bernama Malhab kepala bagian makanan kue-kue. Keduanya dituduh hendak membunuh raja dengan menaruh racun dalam makanan dan minuman....


Didalam penjara Yusuf mengajak kedua orang itu untuk bertaubat. Beribadah hanya kepada Allah saja.

Pads suatu hari Nabo menceritakan mimpinya kepada Yusuf : "Aku bermimpi memeras anggur yang akan kujadikan khamar."

Nabo minta Yusuf mengartikan mimpinya itu. Dengan tenang dan yakin Yusuf menerangkan anti mimpi Nabo : "Bergembiralah kau Nabo. Sebentar lagi kau akan dibebaskan dari penjara. Kau akan diterima lagi sebagai kepala bagian minuman Raja karena tuduhan terhadapmu tidak terbukti."

Malhab menceritakan mimpinya dan minta Yusuf mengartikannya "Aku telah bermimpi membawa kue di atas kepalaku, ketika itulah seekor burung datang memakan kue itu."

"Sayang sekali Malhab,, kata Yusuf. "Kau akan mengalami nasib buruk. tuduhan terhadapmu terbukti Raja akan menghukum kau sampai mati di tiang salib. Mayatmu akan dimakan burung buas mulai dari kepalamu."

Beberapa hari kemudian tafsir mimpi itu terbukti kebenarannya. Nabo dibebaskan dari tuduhan dan diperbolehkan bekerja di istana lagi. Sedang Malhab dihukum mati karena terbukti kesalahannya hendak meracuni raja.

Sebelum keluar dari penjara, Yusuf telah berpesan kepada Nabo agar menyampaikan keadaannya didalam penjara. la ingin raja meninjau kembali keputusannya karena sesungguhnya ia tidak bersalah. Justru Zulaihalah yang bersalah.

Namun setan membuat Nabo jadi lupa sehingga Yusuf tetap berada di dalam penjara selama beberapa tahun lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar