Bukan Manusia Bodoh

Apa yang terucap dari lisan dan semua yang terungkap dalam sikap dan perbuatan kita, bergantung pengetahuan dan ilmu yang kita ketahui. Seseorang menjadi baik, karena ilmu yang dia miliki. Seseorang menjadi buruk, karena kebodohannya atau tak punya ilmu.  Bila baik dan buruk itu dalam konteks urusan dunia, maka timbangan ilmu yang dimaksud juga adalah tentang ilmu dunia. Bila baik dan buruk yang dimaksud dalam tolak ukur ketakwaan atau mengenai penilaian Allah SWT, maka ilmu yang dimaksud adalah ilmu agama. 

Dalam pembahasan kita saat ini, yang dimaksudkan ilmu disini adalah ilmu mengenai ketaatan hamba kepada Allah SWT. Yaitu ilmu Agama. Orang baik dihadapan Allah SWT selalu dipengaruhi oleh pemahamannya terhadap ilmu agama. Orang buruk dihadapan Allah SWT berbanding lurus dengan kebodohannya terhadap ilmu agama. Karenanya, penyifatan bodoh (jahiliyah) oleh Al Qur'an disematkan kepada mereka yang tidak mau taat kepada Allah SWT. Rasulullah sendiri ummi, buta huruf tidak bisa membaca. Sedangkan orang kafir bernama Nadhr bin Harits, adalah sastrawan Quraisy yang karya-karya syairnya memukau pembacanya, licik, pintar siasat, tapi tetap saja tersemat padanya sebagai manusia jahiliyah. Dan simak bagaimana Al Qur'an mengabarkan kebinasaan untuknya : "Dan diantara manusia (ada) yang mempergunakan perkataan tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh adzab yang menghinakan." (QS. Luqman : 7).

10 Tanda Besar Kiamat Oleh Ustadz Zulkifli Muhammad Ali

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari minggu tanggal 4 Maret yang lalu, saya mengikuti kajian di Masjid Al Falah, Surabaya. Pada kajian ini membahas tentang Akhiruz Zaman (Akhir Zaman) atau hari kiamat, yang disampaikan oleh al ustadz Zulkifli Muhammad Ali, Lc. MA.  

Pada kajian ini, Ustadz Zulkifli menyampaikan bahwa ada 10 Tanda Besar Kiamat. Dari 10 Tanda Besar Kiamat, diantara 7 Tanda Besar Kiamat akan dijumpai oleh kaum muslim, serta tanda yang ke - 8, 9 dan 10 hanya dijumpai oleh kaum kafir. Apa saja kah ke-10 Tanda Besar Kiamat tersebut?