Cerita Nabi Yusuf As | Kisah Nabi Yusuf As


Yusuf adalah putra Nabi Ya'qub. Di antara dua betas orang anak-anak Ya'qub, Yusuf dan Bunyaminlah yang paling dicintai. Hal ini menimbulkan e iri hati saudara-saudaranya yang lain.

Yusuf wajahnya sangat tampan, lebih tampan daripada saudara­saudaranya yang lain. Bentuk tubuhnya sangat bagus. Terlebih setelah ibunya (Rahil) meninggal dunia maka is makin disayang oleh ayahnya....

                                                                                                                         '
Pada suatu malam is bermimpi. la melihat sebelas bintang bulan dan matahari bersujud kepadanya. Esok harinya is ceritakan hat itu kepada ayahnya.

"Sebelas bintang adalah saudara-saudaramu. Matahari adalah ayahmu. Bulan adalah ibumu. Semua akan menghormatimu. Kelak kau akan jadi orang besar, maka jangan sampai saudara-saudaramu tahu. Jika saudaramu tahu mereka akan mencelakakanmu."

Namun tanpa setahu Yusuf dan ayahnyaa ternyata salah seorang saudaranya mengetahui pembicaraan ayahnya itu.

Sejak saat itu mereka makin membenci Yusuf dan selalu berusaha mencelakakannya. Pada suatu hari mereka meminta izin kepada Nabi Ya' club untuk mengajakYusuf berburu binatang.

Mula-mula Nabi Ya'qub tidak mengijinkan, tapi setelah mereka menunjukkan kesanggupannya menjaga Yusuf dari bahaya maka Nabi Ya'qub tidak melarangnya lagi. Yusuf boleh ikut berburu. Tinggal Bunyamin yang menemani Nabi Ya'qub di rumah.

Di tengah hutan, setelah berburu tiba-tiba mereka menangkap Yusuf.

"Hei, mau kalian apakan aku ini?"protes Yusuf.

"Diam!" bentak salah seorang kakaknya.

Mereka hendak membunuh Yusuf, namun tidak sampai hati. Salah seorang mengusulkan agar dimasukkan saja ke dalam sumur. Pasti ada a khafilah yang akan mengambilnya dan Yusuf pasti akan dijual sebagai budak. Dengan demikian Yusuf tersingkir dari keluarga Ya'qub. Usul itu disetujui.

Dengan paksa baju gamis Yusuf mereka lepas. Yusuf yang masih kecil tak berdaya ketika saudara-saudaranya yang lebih besar memasuk­kannya ke dalam sumur.

Mereka kemudian membunuh hewan, darahnya ditumpahkan ke baju Yusuf. Setelah pulang mereka berkata bahwa Yusuf telah dimakan serigala hingga bajunya berlumuran darah.

Nabi Ya'qub sangat sedih mendengar hal itu. Demikian sangat kesedihannya sehingga selalu menangis dan matanya menjadi buta.



5 komentar:

  1. kok ceritanya tidak sampai selesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceritanya berlanjut Uti Darul Aqsa...silahkan di buka di artikel berikutnya...

      Hapus
  2. Silahkan dibaca artikel selanjutnya http://kisahceritaislamm.blogspot.com/2013/01/cerita-nabi-yusuf-as-menjadi-budak.html

    BalasHapus