Teladan Islam | Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua (15)


Menghormati dan mengasihi orang tua adalah kewajiban bagi setiap anak. Bukan hanya kepada orang tua kandung saja, tapi orang tua angkat juga wajib dihormati dan dikasihi.

Disebutkan dalam sebuah riwayat dari Thufi ra, bahwa ia melihat seorang wanita datang kepada Nabi Muhammad SAW, dan ketika wanita tersebut berada didekat beliau, maka beliau menghamparkan kain yang dipakai oleh beliau. Kemudian aku bertanya : "Wahai Rasulullah, siapakah dia itu?" Beliau menjawab : "Dia adalah ibu angkatku, dia pernah menyusui aku sewaktu aku masih kecil."...


Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang bersumber dari Amr bin Sa'ib, disebutkan bahwa pada suatu ketika Nabi Muhammad SAW sedang duduk-duduk, tiba-iba ayah angkat beliau datang kepadanya. Kemudian beliau menghamparkan ujung kain lainnya dari tempat duduk beliau. Setelah itu, datanglah ibu angkatnya, maka beliau berdiri dan mempersilahkan saudara angkatnya untuk duduk di depan beliau.

Didalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang bersumber dari Umar bin Sa'ib, ia berkata : "Rasulullah SAW selalu menerima nasehat ibu angkatnya dan juga sangat menghormati ibu dan ayah angkatnya."

Kita sebagai anak harus mencontoh perbuatan-perbuatan Nabi Muhammad SAW yang sangat menghormati dan mengasihi orang tuanya walaupun mereka bukanlah orang tua kandungnya sendiri. Beliau sangat menghormati Halimatus Sa'diyah, seorang wanita yang pernah menyusuinya dan beliau juga sangat menghormati suami dari ibu angkatnya tersebut. Di negara Arab, menghamparkan kain untuk tempat duduk orang lain merupakan tanda penghormatan kepada orang tua, Nabi Muhammad SAW sendiri menghamparkan kain untuk mereka dan menerima nasehat dari ibu angkatnya tersebut.

Pernah disebutkan dalam hadits yang lain, bahwa Nabi Muhammad SAW juga memohonkan ampun untuk ayah dan ibu angkatnya yang telah wafat.Dengan sebab keberkahan beliaulah mereka bangkit lagi kemudian membaca kalimat Thayyibah, ruh mereka meninggalkan tubuh mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar