Teladan Islam | Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua (2)


Muawiyah bin Jabir meriwayatkan dari ayahnya sendiri, yaitu yang bernama Jabir. Ia berkata : "Aku datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk bertanya kepadaku : "Apakah ibumu masih hidup?." Aku menjawab : "Ya, ibuku masih hidup." Kemudian, beliau bersabda : "Pulanglah, tetaplah melayaninya karena surga itu terletak dibawah kaki ibu."...

Abdulullah bin Umar meriwayatkan, ia berkata bahwa ada seorang laki-laki yang gagah lewat didepan kami, maka salah seorang diantara kami ada yang berkata : "Alangkah baiknya, jika laki-laki itu pergi berjihad." Dan ketika itu Nabi Muhammad mendengar perkataan tersebut. Maka beliau menjawab : "Jika orang tua laki-laki itu masih hidup dan jika ia mencari nafkah untuk mereka, maka itu lebih baik daripada berjihad dijalan Allah. Dan jika ia bekerja keras untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, maka itu juga seperti berjuang di jalan Allah."

Di dalam keadaan yang biasa (kita berjihad bukan merupakan tugas kewajiban), yang lebih utama adalah melayani kepada kedua orang tua daripada berjihad. Jika tidak ada saudara laki-laki atau perempuan yang melayani orang tua, maka melayani mereka harus lebih diutamakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar