Teladan Islam | Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua (1)


Ajaran agama Islam telah memandang, bahwa sesungguhnya berbakti kepada orang tua itu lebih baik daripada jihad dan hijrah. Hal ini didasarkan pada 2 alasan :
a). Berbakti adalah berbuat baik kepada seseorang,
b). Orang yang berbuat baik kepada orang tua bisa dianggap sebagai balasan terhadap kebaikan-kebaikan yang diberikan dan dilakukan kepadanya. Termasuk berbakti kepada kedua orang tua adalah meminta izin kepada mereka untuk berjihad di jalan Allah SWT....

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Ya'la dan Thabrani. Disebutkan bahwa pada ketika ada seorang laki-laki datang menghadap Nabi Muhammad SAW. Lalu laki-laki itu berkata : "Wahai Rasulullah, aku ingin sekali berjihad, akan tetapi aku tidak memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Kemudian Nabi Muhammad balik bertanya kepadanya : "Adakah salah seorang di antara dari kedua orang tuamu yang masih hidup?." Laki-laki itu menjawab : "Ya, ibuku masih." Maka Nabi Muhammad SAW bersabda : "Temuilah dia dengan bersikap berbakti kamu telah memperoleh pahala sama dengan pahala orang yang beribadah haji, umroh, hijrah dan berjihad di jalan Allah SWT."

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i dan Thabarani yang bersumber dari Ibnu Abbas. Disebutkan bahwa ada seorang wanita yang bersama dengan laki-laki itu berkata : "Wahai Rasulullah, aku ingin berjihad. Akan tetapi ibuku ini melarangkan. Apa yang harus aku lakukan?." Maka beliau bersabda :"Tinggallah bersama ibumu. Sesungguhnya kamu akan memperoleh pahala sebagaimana yang kamu inginkan."

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang bersumber dari Abi Sa'ad. Disebutkan bahwa ada seorang laki-laki dari Yaman?." Ia menjawab : "Tidak ada." Maka beliaupun bersabda : "Kembalilah kepada kedua orang tuamu dan mintalah izin, maka kembalilah. Akan tetapi, apabila mereka tidak mengizinkan, maka berbaktilah kepada mereka berdua."

Di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud yang bersumber dari Abdullah bin Umar. Disebutkan bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk berbai'at kepadanya, lalu berkata : "Aku datang (untuk) berbai'at kepadamu untuk berhijrah dan aku tinggalkan kedua orang tuaku yang sedang dalam keadaan menangisi kepergianku." Maka Nabi Muhammad SAW bersabda : "Kembalilah kepada mereka dan buatlah mereka tertawa sebagaimana kamu telah membuat mereka menangis." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar