Cerita Nabi Sulaiman As | Surat Untuk Ratu Balqis | Duta Burung Hud-Hud


Burung Hud-Hud terbang lagi ke negeri Saba : la menyerahkan surat Nabi Sulaiman kepada Ratu Balgis lalu bersembunyi di balik celah jendela.

Ratu Balgis membaca surat itu. Isinya "Surat ini datang dari Sulaiman. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Janganlah kamu berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri."...


Setelah membaca surat itu, Ratu Balgis memanggil abdi dan penasihatnya untuk bermusyawarah. Ratu Balgis tidak ingin terjadi peperangan yang hanya merusak keindahan istana dan merugikan rakyat. Maka dalam musyawarah itu Ratu Balgis akan mengirimkan hadiah kepada Sulaiman melalui utusannya.

Berangkatlah utusan Ratu Balgis ke Palestine dengan membawa berbagai hadiah yang mahal-mahal. Ketika mereka sampai di istana Sulaiman mereka tercengang, kerajaan Saba tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan kemegahan kerajaan Sulaiman.

Ketika para utusan itu hendak menyerahkan hadiah, Nabi Sulaiman menolak, karena ia sudah mempunyai harta benda yang jauh lebih baik daripada hadiah yang diberikan Ratu Balqis. la hanya minta kedatangan Ratu Balqis agar Ratu itu memeluk agama Islam dan meninggalkan penyembahan terhadap matahari. Jika menurut maka kerajaan Saba. akan selamat, jika membangkang maka Sulaiman akan mengerahkan bala tentaranya yang tidak mungkin akan dilawan Ratu Balqis.

Para utusan itu segera kembali ke negeri Saba. Mereka melaporkan segala apa yang dilihatnya tentang Sulaiman dan kerajaannya yang jauh lebih besar, megah dan kuat daripada negeri Saba.

Akhirnya diputuskan bahwa Ratu Balqis akan datang memenuhi perintah Nabi Sulaiman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar