Kisah Teladan Islam | Terimalah Setiap Pemberian, Lalu Balaslah




Aisyah berkata : Suatu hari seorang wanita miskin datang kepadaku dengan membawa hadiah, namun aku tidak menerima hadiah tersebut karena aku kasihan kepadanya. Mengetahui hal itu, maka Rasul Saw. berkata kepadaku, "Sebaiknya engaku menerima hadiah itu, lalu engkau balas memberi hadiah kepadanya. Sesungguhnya aku merasa engkau memandang rendah terhadapnya. Wahai 'Aisyah, bersikap rendah dirilah karena Allah SWT mencintai orang-orang yang rendah diri dan membenci orang-orang yang sombong."...


Ahmad dan Bazzar telah meriwayatkan dari Qathilah, putri Abdul Uzza bin Abdu bin Sa'ad bin Malik bin Hisla bahwasanya suatu hari Qathilah datang kepada putrinya, yakni Asma' binti Abu Bakar dengan membawa beberapa hadiah, antara lain: kambing, roti, mentega. Asma pun menolak untuk menerima hadiahnya dan ia juga tidak mempersilahkannya untuk masuk ke dalam rumah karena ibunya adalah seorang wanita musyrik.

Maka 'Aisyah pun menanyakan perihal hal tersebut kepada Rasul SAW, lalu Allah SWT menurunkan ayat:

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu. (Qs. Al-Mumtahanah: 8)

Lalu Rasul SAW memberi perintah untuk menerima hadiahnya dan mempersilahkannya masuk ke dalam rumah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar