Cerita Nabi Idris as | Kisah Nabi Idris as


Nabi Idris adalah keturunan keenam dari Nabi Adam. Menurut riwayat Nabi Idris bermukim di Mesir. Berdakwah untuk agama Allah. Mengajarkan tauhid dan beribadah kepada Allah. Serta memberi petnjuk kepada pengikutnya agar senantiasa menetapi kebenaran, menyelamatkan diri dari siksaan akhirat dan kehancuran serta kebinasaan di dunia.

Konon ia diangkat menjadi Rasul ketika berumur 82 tahun. Di antara beberapa nasihatnya ialah :....

1). Kesabaran yang disertai keimanan kepada Allah akan membawa kemenangan.
2). Orang yang bahagia adalah orang yang mawas diri dan mengharap syafaat Allah dengan amalan-amalan shalehnya.
3). Jangan bersunpah dalam keadaan kamu berdusta dan jangan menuntut sumpah dari orang yang berdusta supaya kamu tidak menyekutui mereka dalam dosa.
4). Janganlah mengiri orang yang mujur nasibnya karena mereka tidak akan banyak dan lama menikmati kemujuran nasibnya.
5). Barangsiapa melewati kesederhanaan (berlebih-lebihan atau berfoya-foya) tidak sesuatupun akan memuaskannya.
6). Kehidupan orang itu hendaknya yang mengandung hikmah.

Disebutkan dalam suatu riwyat bahwa Nabi Idris adalah orang pertama yang mengajarkan tentang menjahit, menata pakaian, ilmu falak dan tulis menulis dengan pena. Ia pula yang pertama kali membuat baju perang dalam mempertahankan diri dari serangan orang-orang durhaka.

Nabi idris as diyakini sebagai seorang penjahit berdasarkan hadist  ; Ibnu Abbas berkata, ”Dawud adalah seorang pembuat perisai, Adam seorang petani, Nuh seorang tukang kayu, idris seorang penjahit dan musa adalah penggembala” (dari Al-Hakim).

Semoga Bermanfaat!


2 komentar:

  1. Setahu sy di postingan lain dan d kbr brt yg lain Nabi Idris tdk prnah Wafat,jd mnusia yg blum wafat sjak jman dlu hingga skr adalah nabi Isa d tmpatkan d lgt k II,dan NabiIdris d tmptkan d langit k IV,mhn postingan anda d koreksi kmbali.trims

    BalasHapus
  2. Fajar@terima kasih masukannya Mas Fajar, sudah kami perbaiki.

    BalasHapus