Renungan | Terapi Air Putih




Bismillahir-Rahmanir-Rahim...

Siapa yang belum pernah mencicipi yang namanya air putih? Sejak kecil kita sudah diberitahu bahwa minum air putih itu baik untuk kebutuhan tubuh kita. Namun jarang kita benar-benar mengerti akan istilah itu. Ternyata air putih itu memiliki manfaat lainnya selain sebagai penghilang dahaga !! Jadi mari kita sharing manfaat dari air putih ini.

Yaa, air itu sangat berguna bagi kesehatan jantung. Statement ini adalah hasil penelitian dari para ilmuwan, dan sekarang juga sudah marak pengobatan-pengobatan yang memanfaatkan air putih....

Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan penyakit kewanitaan, dll.

Dr Poonam Rathod, seorang pakar kesehatan mengatakan, konsumsi air putih secara teratur sesuai kebutuhan tubuh mampu membersihkan sistem pencernaan, serta menghilangkan racun dan sisa-sisa makanan yang menempel di usus. Nah, makanan yang kita makan kan kadang banyak mengandung toksin-toksin yang dapat menimbulkan penyakit, dan biasanya toksin-toksin ini nempelnya di usus. Disinilah peran air putih, membuat tubuh dan perut bersih dari toksin dan limbah makanan.

Membaca kata kecantikan disini, yang cowok jangan langsung nge-skip dulu donk.. Tentu saja, ini bukan hanya untuk cewek, untuk cowok juga berlaku kok. Bila kita kurang air minum, maka tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga membuat kulit menjadi kering dan cepat keriput. Emang ada orang mau cepet keriput? Apalagi cewek nih, yang suka merhatiin penampilan. Memang sih, banyak obat-obat kecantikan untuk mengatasi kulit keriput. Tapi coba aja bandingin mana lebih sehat, obat kecantikan yang penuh dengan bahan kimia atau air putih yang berisi kandungan mineral yang baik untuk tubuh kita?

Yah, dengan kita banyak mengkonsumsi air putih, tubuh kita akan lebih terlihat sehat dan bugar serta penuh semangat. Ingat, bukankah tubuh kita sebagian besar terdiri dari air? Antara 55% sampai 78%, yaa tergantung dari ukuran badannya.

Ouu, untuk para calom orangtua yang sudah mengiming-imingkan suara seorang bayi, disarankan untuk rajin minum air putih, karena ternyata air putih bisa meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat.

Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Jadi yang punya planning untuk diet?, minum air putih aja.. hehe

Tahukah sahabat sekalian, jumlah air yang menurun dalam tubuh fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih rawan terganggu oleh bakteri dan virus alias lebih mudah terserang penyakit ! Maka itu tubuh manusia mempunyai mekanisme untuk mempertahankan keseimbangan air dalam tubuh. Rasa haus adalah salah satunya. Air yang dibutuhkan adalah 8-10 gelas perhari (+ 2 liter).

Wah, bayangin aja betapa besar manfaat air putih untuk tubuh kita. Ya, air yang hampir tiap hari kita minum itu. Di rumah saja Rani sudah dibiasakan untuk melakukan terapi air putih. Yaa, 2 gelas saat bangun tidur, mau mandi minum 1 gelas, mau makan 1 gelas, dan 1 gelas waktu mau tidur. Abis itu ditambah minum abis makan, dan minum waktu lagi mau minum yang ntah brapa gelas. Ntahlah berapa gelas 1 hari. Haha

Yang jelas, karena air putih itu bisa menjadi semacam terapi untuk kesehatan, jadi jangan malas-malas minum air putih yaaa !! ;D


"Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup." (Q.S. Al Anbiya:30)

Dalam kitab-kitab tafsir klasik, ayat tadi diartikan bahwa tanpa air semua akan mati kehausan. Tetapi di Jepang, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air. Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. Percobaan diulangi dengan membacakan kata, "Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)" di depan botol air tadi. Kristal kembali membentuk sangat indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang, "Arigato". Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan kata "setan", kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga. Ketika musik heavy metal diperdengarkan, kristal hancur.

Ketika 500 orang berkonsentrasi memusatkan pesan "peace" di depan sebotol air, kristal air tadi mengembang bercabang-cabang dengan indahnya. Dan ketika dicoba dibacakan doa Islam, kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan. Subhanallah. Dr. Emoto akhirnya berkeliling dunia melakukan percobaan dengan air di Swiss, Berlin, Prancis, Palestina, dan ia kemudian diundang ke Markas Besar PBB di New York untuk mempresentasikan temuannya pada bulan Maret 2005 lalu. Ternyata air bisa "mendengar" kata-kata, bisa "membaca" tulisan, dan bisa "mengerti" pesan. Dalam bukunya The Hidden Message in Water, Dr. Masaru Emoto menguraikan bahwa air bersifat bisa merekam pesan, seperti pita magnetik atau compact disk.

Semakin kuat konsentrasi pemberi pesan, semakin dalam pesan tercetak di air. Air bisa mentransfer pesan tadi melalui molekul air yang lain. Barangkali temuan ini bisa menjelaskan, kenapa air putih yang didoakan bisa menyembuhkan si sakit. Dulu ini kita anggap musyrik, atau paling sedikit kita anggap sekadar sugesti, tetapi ternyata molekul air itu menangkap pesan doa kesembuhan, menyimpannya, lalu vibrasinya merambat kepada molekul air lain yang ada di tubuh si sakit.

Tubuh manusia memang 75% terdiri atas air. Otak 74,5% air. Darah 82% air. Tulang yang keras pun mengandung 22% air. Air putih galon dirumah, bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada Allah, agar anak yang meminumnya saleh, sehat, dan cerdas, dan agar suami yang meminum tetap setia. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Dengan izin Allah, pesan tadi akan dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari.

Bila air minum di suatu kota didoakan dengan serius untuk kesalehan, insya Allah semua penduduk yang meminumnya akan menjadi baik dan tidak beringas. Rasulullah saw. bersabda, "Zamzam lima syuriba lahu", "Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya". Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang. Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit, dia akan sembuh. Subhanallah ... Pantaslah air zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a.s.

Bila kita renungkan berpuluh ayat Al Quran tentang air, kita akan tersentak bahwa Allah rupanya selalu menarik perhatian kita kepada air. Bahwa air tidak sekadar benda mati. Dia menyimpan kekuatan, daya rekam, daya penyembuh, dan sifat-sifat aneh lagi yang menunggu disingkap manusia. Islam adalah agama yang paling melekat dengan air. Shalat wajib perlu air wudlu 5 kali sehari. Habis bercampur, suami istri wajib mandi. Mati pun wajib dimandikan. Tidak ada agama lain yang menyuruh memandikan jenazah, malahan ada yang dibakar. Tetapi kita belum melakukan zikir air. Kita masih perlakukan air tanpa respek. Kita buang secara mubazir, bahkan kita cemari. Astaghfirullah.

Seorang ilmuwan Jepang telah merintis. Ilmuwan muslim harus melanjutkan kajian kehidupan ini berdasarkan Al Quran dan hadis.

Hmm….Alangkah lebih baiknya kalau sebelum meminum air (Terapi Air Putih), kita doakan dulu air itu biar berkah lahir bathin tubuh dan jiwa kita...atau bisa juga sebelum minum kita baca T.B.S. (Ta'awud, Basmalah dan Shalawat) dulu ...

1 komentar: