Kisah Teladan Islam | Keteladanan Kepemimpinan Umar Bin Khatab ra.


Khalifah Umar bin Khatab ketika TERPILIH menggantikan Abu Bakar ;

TIDAK GEMBIRA, justru TAKUT dan BERSEDIH..Sebab BERATNYA AMANAH yang akan beliau pikul.

''Sesungguhnya seorang PENGUASA adalah PENGURUS /URUSAN RAKYATNYA, dan ia BERTANGGUNG JAWAB terhadap RAKYAT yang diurusnya''[HR Muslim,Ahmad]....
PIDATO beliau;
''Hai umat Muhammad! Saya telah diangkat sebagai PEMIMPIN kalian. Seandainya tidaklah didorong oleh HARAPAN bahwa saya menjadi orang yang TERBAIK diantara kalian, orang yang TERKUAT bagi kalian, dan orang yang PALING TEGUH mengurus urusan urusan kalian, TIDAKLAH saya MENERIMA jabatan ini. Sungguh BERAT bagi Umar, menunggu datangnya saat perhitungan.


PEMIMPIN yang BERTANGGUNG JAWAB. Beliau MENJAMIN semua urusan INDIVIDU RAKYATNYA TERPELIHARA dengan BAIK. Makanannya, pakaiannya, perumahannya, pendidikannya, agamanya, akhlaqnya..

''Sesungguhnya seorang PENGUASA adalah PENGURUS /URUSAN RAKYATNYA,dan ia BERTANGGUNG JAWAB terhadap RAKYAT yang diurusnya''[HR Muslim,Ahmad].

PEMIMPIN YANG SEDERHANA dan ADIL. Beliau hidup di rumah yang sederhana, HATI HATI dalam membelanjakan HARTA NEGARA.

Pernah beliau MEMATIKAN LAMPU MINYAK di ruang kantornya, sebab hanya membicarakan masalah KELUARGA, ketika anaknya datang di malam hari.

PEMIMPIN yang MENGHISAB DIRINYA. Beliau MENGHISAB /introspeksi diri, atas apa yang dilakukan setiap harinya. Beliau berkata; ''HISABLAH DIRI kalian sebelum kalian DIHISAB, dan BERHIASLAH /BERSIAPLAH kalian untuk AKHIRAT''

Sumber; ''Keteladanan Pemimpin'' by;Ummu Faqih.

Semoga para PEMIMPIN, yang ada maupun yang akan datang, seperti itulah gaya KEPEMIMPINANYA, yang AMANAH,ADIL , JUJUR dan SEDERHANA.

ALLAH pun akan MENOLONG PEMIMPIN yang AMANAH, ADIL, JUJUR dan SEDERHANA..Aamiiin..

ALLAH pun akan MENOLONG...PEMIMPIN yang TAAT ALLAH dan RASULNYA...yang senang shalat MALAM dan setiap hari MENGHISAB DIRINYA...aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar