Kisah Hikmah Islami | Tidak Terkabulnya Do'a


Cita-citanya setinggi langit, semangatnya menggebu-gebu, berdoa siang malam tapi hasilnya masih saja NOL? Siapa yang salah.

Sepertinya setiap orang ingin memaksa Allah agar semua kemauannya terlaksanakan, sehingga mereka sering lupa diri bahwa sebagai mahluk, kita hanya mampu berikhtiar sekuat tenaga, toh hasilnya nanti terserah Allah, kalau memang harapan yang diimpikan orang itu baik dan manfaat bagi masa depannya, pasti semuanya akan dipermudah, Allah akan membimbing mahluknya pada jalan itu dengan ridhoNya.....


Semua Doa Pasti Diterima

Allah maha mendengar dan maha mengabulkan semua doa mahluknya. Dalam Al-qur’an jelas dinyatakan:

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. AlBaqarah : 186).

Semua doa memang terkabul dan didengar oleh Allah, hanya saja terkadang Allah tidak harus mengabulkan doa itu apa adanya. Bagaimanapun Allah sering menggantikan sesuatu yang kita harapkan dengan perkara lain yang lebih indah dan manfaat bagi hambanya. Oleh karena itu banyak manusia akhirnya tersadarkan bahwa selama ini apa yang ia harapkan adalah sesuatu yang tidak begitu manfaat bagi dirinya, karena Allah telah memberikan rencana lain yang lebih pas untuk kita dan pastinya lebih memberikan banyak maslahat daripada harapan-harapan yang telah kita ikhtiarkan. Hikmah dari segala kejadian yang telah lewat akan terkuak setelah manusia sadar akan hal ini.

Satu rahasia lagi yang harus kita sadari, bahwa doa adalah ibadah, Allah sangat senang jika ada hamba yang membutuhkannya sehingga ia selalu berdoa dan meminta kepadaNya. Terkadang Allah memberikan mahluknya musibah yang amat berat dan menjadikan orang yang tertimpa musiabah itu akhirnya sadar, tobat dan kembali kepada jalan yang diridhaiNya. Dengan musibah Seolah-olah Allah memaksa kita untuk selalu mengingatNya!

Manfaat Penundaan Terkabulnya Doa

Jangan anggap remeh doa-doa kita selama ini, toh tidak ada doa yang tidak didengar. Sesungguhnya doa-doa kita selama ini adalah sebuah amal baik yang akan digantikan oleh Allah dihari kelak. Berdoa sama saja dengan beramal baik kepada diri sendiri. Menurut satu keterangan : ketika manusia telah mati dan dihisab, banyak yang terheran-heran dengan amal baik yang tidak pernah mereka lakukan didunia. Allah menjawab : Itu adalah kumpulan doa-doa baikmu di dunia, sengaja tidak dikabulkannya pada saat kamu masih berada di alam dunia karena doa-doa ini akan menjadi pahala yang bisa memberatkan timbangan amal baikmu di akhirat ini.

Hmm.. mari berdoa, berusaha, berdoa dan berikhtiar terus, usah berburuk sangka pada Allah… (^_^)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar