Teladan Islam | Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua (11)


Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, sudah seharusnya Anda menyenangkan hati mereka. Hindari sekali-kali Anda menyakiti hati mereka berdua atau menunjukkan rasa tidak suka terhadap mereka, sehingga nantinya membuat hati mereka sedih...


Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda : "Barang siapa yang membuat kesedihan hati orang tua, maka berarti ia telah durhaka kepadanya."

Imam Bukhari juga meriwayatkan dalam hadits yang lain yang bersumber dari Abdillah bun Umar, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : "Anak yang membuat tangis orang tua adalah termasuk durhaka kepadanya."

Menyenangkan orang tua sehingga mereka bergembira, tersenyum dan tertawa di depan mereka dan pembicaraan yang menyebabkan mereka berbahagia mereka tersenyum atau tertawa itu merupakan salah satu bentuk dalam melayani orang tua yang lebih utama daripada berjihad.

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar ra, bahwa Rasulullah SAW teah bersabda : "Berbaringmu di tempat tidur di depan orang tua sedemikian rupa sehingga menyebabkan mereka tertawa karenamu dan kamu tertawa karena mereka itu lebih utama daripada berjihad dengan pedang di jalan Allah SWT."

Di dalam hadits telah disebutkan, yang artinya :

"Menangiskan (membuat menangis) kedua orang tua termasuk durhaka kepada orang tua."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar