Laman

Sejarah Nabi Muhammad SAW | Tugas Nabi Muhammad SAW Selesai


Ketika para utusan kabilah-kabilah Arab datang menghadap Nabi untuk menjadi pemeluk agama Islam kemudian disusul dengan turunnya surat (110)An Nashr yang menggambarkan kedatangan utusan-utusan itu serta menyuruh Nabi memohonkan ampun untuk mereka, maka terasalah oleh beliau hahwa tugasnya hampir selesai. Karena merasa bahwa pekerjaannya telah hampir pada akhirnya, beliau berniat untuk melakukan Haji wada' (Haji penghabisan) ke Mekah...


Pada tanggal 2 Zulqaedah tahun ke 10 H, Rasulullah meninggalkan Madinah menuju Mekah dengan kaum Muslimin yang ikut mengerjakan haji kira-kira 100.000 orang.
                                                                                                                       
Sebelum menyelesaikan upacara haji, Rasulullah SAW mengucapkan sebuah pidato amanat yang bernilai di hadapan kaum Muslimin di bukit 'Arafah pada tanggal 8 Zulhiijah 10 H, bersamaan dengan 7 Maret 632 masehi. Setelah selesai mengerjakan ibadah haji, Nabi pun kembali ke Madinah.

Kira-kira tiga bulan sesudah mengerjakan haji wada' itu, Nabi menderita demam beberapa hari, sehingga tak dapat mengimami shalat jamaah, maka disuruhnyalah Abu Bakar menggantikan beliau menjadi imam.

Pada tanggal 12 Rabi'ul awwal tahun 11 Hijryah bertepatan dengan 9 Juni 632 Masehi. Nabi Muhammad SAW kembali ke hadirat Allah SWT dalam usia 63 tahun. Inna lillahi wainna ilaihi raaji'un. Dua puluh tiga tahun lamanya, sejak beliau diangkat menjadi Rasul Allah, berjuang tak mengenal lelah dan derita untuk menegakkan agama Islam.

Nabi Muhammad SAW telah wafat, telah meninggalkan umatnya tak ada harta benda yang berarti yang akan diwariskan kepada anak isterinya, tetapi beliau meninggalkan dua buah pusaka yang diwariskannya kepada seluruh umatnya. Sabdanya :

"Kutinggalkan untuk kamu dua perkara (pusaka), taklah kamu akan tersesat selama-lamanya, selama kamu masih berpegang kepada keduanya, yaitu kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya".

Demikianlah selintas kisah manusia pilihan yang termasuk tokoh nomor satu di antara seratus tokoh dunia paling berpengaruh :

Kharismanya hingga detik ini tetap berkibar. Miliaran orang setiap hari dengan tak'zim bersalawat kepada beliau dalam setiap do'a dan shalat mereka.

Allahumma shalli ala syayyidina Muhammad wa ala alihi sayyidina Muhammad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar