Laman

Hikmah Mengucapkan Innalillahi Wa Innailahi Rajiun Ketika Mendapat Musibah

Hikmah mengucapkan Innalillahi wa innailaihi rajiun salah satunya adalah menghilangkan rasa sakit. Ini adalah kisah nyata yang saya (Nardi) alami sendiri. Saya sangat bersyukur sekali akan ilmu yang saya dapatkan ini. Semoga menjadi amal jariyah bagi guru saya (Pak Sarngadi). Kala itu beliau sudah menjabat sebagai kepala sekolah SDN 1 Pager Kidul, Sudimoro, Pacitan. 

Hikmah Mengucapkan Innalillahi Wa Innailahi Rajiun Ketika Mendapat Musibah


Apakah Anda tertarik dengan cerita ini? Begini ceritanya... 


Waktu kecil dahulu saya sering mengalami sakit dijari-jari kaki akibat tersandung. Tepatnya dibagian kuku-kuku jari kami. Bernanah dan rasanya sakit sekali ketika dibuat jalan. Tidak dipakai buat jalanpun sudah sakit, cenut-cenut gitu. Ada yang pernah mengalami gak yah?

Saya ingat sekali, setiap tersandung, kata-kata yang pertama muncul adalah keluhan. Misalnya aduuuuh. Sering juga kata-kata misuh/ kata-kata kotor. Keesokan harinya, ujung jari bengkak dan bernanah. Selalu seperti itu. 

Suatu ketika Pak Sarngadi mengisi jam kosong tatkala ada seorang guru yang berhalangan hadir. Nah, dalam pertemuan tersebut, beliau menyampaikan pesan. Ucapkanlah "innalihi wa innailaihi rajiun" ketika kalian mengalami musibah. Musibah apapun. Saya lupa kalimat lain yang beliau sampaikan. Tapi pesan itu menancap dalam diri ini hingga saat ini. 

Saya terapkan ilmu tersebut. Amazing... tatkala saya tersandung, kemudian saya mengucapkan innalillahi wa innailaihi rajiun. Sambil saya tiupkan pada bagian kaki yang tersandung. Alhamdulillah, esok harinya jari kaki saya tidak bengkak dan bernanah. 

Masya Allah, saya sangat bersyukur sekali. Hal sederhana, namun memberikan dampak yang luar biasa. Dan ini saya terapkan dalam kondisi yang lainnya, tidak hanya saat tersandung saja. Tapi setiap mendapat musibah kata yang pertama muncul adalah innalillahi wa innailaihi rajiun. 

Anda boleh membuktikannya sendiri. Biasanya saya barengi juga dengan bacaan "Lahaula Wala Quwata Illa Bilahil Aliyil Adzim." Penderitaan atau rasa sakit yang saya rasakan terasa lebih ringan dan cepat sembuhnya. 

Itulah hikmah mengucapkan innalillahi wa innailaihi rajiun yang saya alami sendiri. Dengan mengucapkan kalimat tersebut, disadari atau tanpa disadari kita telah berpasrah diri kepada Allah. Dzat pemilik bumi dan langit beserta isinya. Tidak ada yang berat jika Allah sudah meringankannya. Tidak ada yang sulit ketika Allah sudah memudahkannya. Allahu akbar. 

Saya yakin masih ada banyak hikmah lainnya. Mungkin Anda ingin menambahkannya dikolom komentar? Silahkan ditambahkan, apalagi jika itu adalah pengalaman Anda sendiri. Akan semakin menarik pastinya. Terima kasih sudah membaca kisahku.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar