Teladan Islam | Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua (5)

Berbakti Menyebabkan Umur Panjang (5)

Keutamaan berbakti kepada orang tua adalah sangat banyak sekali dan salah satunya adalah dapat menambah umur.

Di dalam salah satu hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : "Barang siapa yang umurnya ingin dipanjangkan oleh Allah SWT dan rezekinya ditambah, maka hendaklah berbakti kepada orang tuanya dan menyambung tali silaturrahmi."...


Di dalam hadits yang lain menyebutkan tidak akan menambah umur kecuali berbuat baik.

Nabi Muhammad SAW juga bersabda, yang artinya : "Barang siapa berbakti kepada orang tuanya, maka berbahagialah dia dan Allah akan menambah umurnya." 

Ada sebuah riwayat, sesungguhnya pada kaum Bani Israil terdapat dua raja bersaudara. Mereka masing-masing berkuasa di satu kota. Raja yang pertama sangat baik kepada sanak kerabatnya dan berbuat adil terhadap rakyatnya. Dan raja yang kedua durhaka kepada sanak kerabatnya dan berlaku dzalim kepada rakyatnya.

Pada masa keduanya berkuasa, ada seorang Nabi yang telah memperoleh wahyu dari Allah yang menyatakan bahwa umur raja yang berbuat baik itu tinggal 3 tahun dan raja yang durhaka itu tinggal 30 tahun.

Selanjutnya Nabi itu memberitahukan kepada seluruh rakyat dari kedua raja tersebut. Akhirnya kabar itupun tersebar kemana-mana. Seluruh rakyat panik dan gelisah. Kemudian mereka memisahkan antara anak dan ibunya dan mereka tidak makan dan minum. Mereka semua datang ke lapangan untuk memohon kepada Allah SWT untuk memberikan umur yang panjang kepada raja yang baik itu, sehingga mereka sejahtera karenanya. Mereka juga memohon supaya raja yang dzalim itu diberi umur yang pendek.

Kemudian Allah SWT mengabulkan do'a-do'a mereka. Allah SWT memberikan wahyu kepada Nabi tersebut untuk memberitahukan hal itu kepada seluruh rakyat : "sesungguhnya aku mengasihi mereka dan aku kabulkan do'a mereka. Aku jadikan sisa umur raja yang dzalim untuk yang adil. Dan begitu juga sebaliknya.

Tidak lama kemudian , raja yang dzalim itu meninggal dunia. Sedangkan raja yang baik itu masih baik itu masih hidup sampai 30 tahun lagi.

Di dalam riwayat yang lain disebutkan, bahwa Ar-Rabi' bertanya kepada Abdus Shamad : "Beritahukan kepadaku tentang hadits berbakti kepada kedua orang tua dan menyambung sanak kerabat yang dapat menambah umur, memakmurkan kampung, memperbanyak harta sekalipun kaum dalam keadaan durhaka?" Kemudian Abdus Shamad menjawab : "Ayahku pernah bercerita kepadaku, bahwa kedua orang tua menyambung tali silaturrahmi akan dapat meringankan kejelekan hisab."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar