Teladan Islam | Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua (6)


Nabi Muhammad SAW telah bersabda : "Seorang hamba yang taat kepada kedua orang tuanya dan kepada Tuhannya, akan ditempatkan disurga yang tertinggi."

Ibnu Umar pernah berkata : "Demi Allah, seandainya kamu berkata dengan halus dan memberi makan kepada kedua orang tua, maka niscaya kamu akan masuk surga selama dosa-dosa besar kamu hindari."...

Di dalam hadits telah disebutka, yang artinya : "Surga berada dibawah telapak kaki ibu."

Dan hadits yang lain juga disebutkan, yang artinya : "Barang siapa yang mencium kedua mata ibunya, maka (hal itu) akan menjadi tabir dari api neraka."

Rifa'ah bin Iyas berkata : "Bahwa dia melihat Al-Harits Al-Akli duduk disisi jezah ibunya sambil menangis. Kemudian seseorang bertanya kepadanya : "Kenapa kamu menangis?" Dia menjawab : "Bagaimana aku tidak akan menangis. Bukankah karenanya (kematiannya) salah satu pintu surga ditutup."

Hamid bin Humaid berkata : "Ketika ibunya Iyas bin Muawiyah meninggal dunia, dia menangis. Kemudian seseorang bertanya kepadanya : "Apakah yang membuatmu menangis?" Dia mejawab : "Aku mempunyai dua pintu yang terbuka di surga, salah satunya telah tertutup."

Utusan Al-Asy'ariyin datang kepada Nabi Muhammad SAW, kemudian beliau bersabda : "Apakah diantara kalian bernama warrah?" Mereka menjawab : "Ada." beliau bersabda : "Sesungguhnya AllahSWT akan memasukkannya ke surga karena telah berbakti kepada ibunya yang dalam keadaan musyrik, yaitu dia cemburu kepada kehidupan ibunya, dia membawa ibunya dengan penuh penderitaan di tanah yang sangat panas. Dia duduk dan mendudukkan ibunya di pangkuannya, lalu dinaunginya dari terik matahari. Apabila lelahnya telah hilang, maka dia membawa ibunya lagi untuk melanjutkan perjalanan."

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ummah. Disebutkan bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad SAW. Kemudian dia bertanya : "Wahai Rasulullah, apakah hak ayah atas anak-anaknya?" Beliau menjawab : "Baik ibu maupun ayahmu, keduanya merupakan surga dan neraka bagimu."

Dan di dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah ra. disebutkan bahwaNabi Muhammad SAW bersabda : "Ketika aku memasuki surga (menceritakan mimpinya), aku mendengar alunan suara Al-Qur'an. Ketika aku bertanya siapakah yang membacanya? Maka dikatakan bahwa itu adalah suara haritsah bin Nauman, lalu aku berkata, layanilah ibu dengan baik seperti Haritsah bisa melayani ibunya dengan sebaik-baiknya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar